Free Hosting dan Free Domain

Sebelumnya perlu kita ketahui bersama apa itu hosting dan apa itu domain….
banyak yang bertanya, apa bedanya? bayar apa ga? dan pertanyaan sejenis…

hosting

jika bisa diibaratkan, maka hosting adalah rumah kita, tempat kita menaruh barang2 kita. mobil, motor, tivi dkk (kuharap rumahku nanti, penuh barang mewahnya….hehehe..nglantur). Nah dalam dunia internet, misal kita ingin membangun sebuah website, maka file2 pendukung website itu harus kita hosting kan ke sebuah server yang dapat diakses 24 jam, sehingga website kita pun bisa di akses 24 jam sehari, karena file2 nya sudah berada di server. sama seperti rumah, semakin luas areanya semakin mahal harganya, apalagi jika sudah terdapat barang2 nya, maka akan lebih mahal lagi. Hosting yang ada pun tersedia bermacam-macam mulai kapasitas ratusan MB sampai puluhan GB, atau hosting yang memiliki CPanel atau tidakdan mendukung scrip2 tertentu atau tidak. Namun karena berbagai alasan ada pula yang menyediakan hosting gratis,,alamatnya akan saya berikan di akhir posting.

Domain

lalu apa itu domain, mungkin kawan2 tahu bahwa domain adalah .com, .net, .or.id, dan lainnya ya kawan itulah domain. jadi domain bisa diibaratkan sebagai alamat dimana alamat tersebut nantinya akan di resolved atau diterjemahkan oleh DNS menjadi IP. jadi sebenarnya domain td adalah IP address yang dapat diakses secara global dari manapun. karena kemamampuannya itu, beberapa penggunaan domain dikenakan pembayaran. Namun jangan meynyempitkan kata domain, sesungguhnya .wordpress.com adalah sebuah domain jg

jadi seperti itu ketika kita akan membangun sebuah website maka setelah website tersebut selesai dikerjakan dalam localhost (komputer anda) maka hosting kan file2 website tersebut, lalu beli atau cari domain kemudian targetkan domain anda tadi ke server tempat anda hosting td.

FREE HOSTING : http://www.000webhost.com

FREE DOMAIN : http://co.cc

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *